Inovatif Pelayanan di Kantor Desa Bencelok Sampang

Kantor Balai Desa Bencelok, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang

Sampang, Korek.id – Pasca meraih penghargaan Kampung Tangguh yang diselenggarakan oleh Polres Sampang diikuti oleh 180 desa dan 6 kelurahan se-Kabupaten Sampang tahun lalu, Kini Desa Bencelok, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang terus berbenah dalam pelayanan masyarakat dalam Adminduk di kantor Desa setempat yang layak menjadi contoh bagi Desa-Desa di Kabupaten Sampang.

Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang, Madura makin memperluas program yang diberi nama Sakera Mesem. Program Sakera Mesem adalah layanan Satu Pintu Administrasi Kependudukan Rakyat Menjadi Sejahtera dan Membahagiakan. Program ini dikembangkan dan diharapkan bisa dijalankan di desa-desa.

Bacaan Lainnya

Program Adminduk satu pintu merupakan program prioritas milik Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang, Madura sejak 2020.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Sampang, Edi Subianto, sejumlah desa dan satu kelurahan yang sudah menerapkan program yang diberi nama Satu Pintu Administrasi Kependudukan Rakyat Menjadi Sejahtera dan Membahagiakan (Sakera Mesem) itu diantaranya: Desa Labuhan, Desa Taman, Desa Labang, Desa Ragung, Desa Gunung Eleh, Desa Jrangoan, Desa Bencelok, Desa Tobai Barat, dan Desa Sogian.

Sedangkan untuk satu kelurahan di Kelurahan Dalpenang, Kecamatan Kota Sampang,” terangnya.

Edi Subianto menambahkan, untuk 2021 ini pihaknya berharap program Sakera Mesem bisa diaplikasikan di 180 Desa dan 6 Kelurahan yang tersebar di 14 Kecamatan di Kabupaten Sampang.

Sementara Kepala Desa Bancelok Moh. Taufiqurrahman, sistem data kependudukan di Desa kami yang terkoneksi langsung dengan Dispendukcapil Sampang ini sangat membantu untuk mempercepat pelayanan di Desa Kami, bahkan warga kami cukup datang ke Balai Desa dan terlayani dengan cepat dan mudah, bahkan aparatur Desa kami standby di balai Desa mulai pagi hingga sore hari.Selasa (9/2/21)

Untuk menunjang program tersebut Pemerintah Desa (Pemdes) hanya mempersiapkan sejumlah peralatan untuk merealisasikannya, eperti, komputer, printer, scaner, jaringan internet, dan operator yang mempuni dalam bidang IT dan kami sudah berjalan dengan baik.

Penulis: Redaksi
Editor: Aida

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *